Apa itu Vernix dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Bayi

Ketika baru lahir, kulit bayi biasanya akan tertutup oleh lapisan putih yang terlihat seperti keropeng. Sebagian besar ibu percaya bahwa lapisan ini adalah tanah.

Maka tidak mengherankan jika banyak ibu hamil melakukan beberapa hal, agar kulit bayi "bersih", bebas dari jas putih sebelumnya. Tapi ternyata jas putih itu sama sekali bukan kotoran, bahkan penting untuk bayi.

"Lapisan putih disebut vernix," kata Anis Dwinastiti, General Manager Marketing Pigeon Indonesia. "Vernix penting untuk menjaga kulit terhidrasi, karena kulit bayi masih sangat sensitif, ya," kata Anis.

Dikenal pada acara Mom's Gathering yang diselenggarakan oleh sarana khusus ibu hamil dan ibu baru. Babyologist Anis menjelaskan pentingnya vernix untuk kulit baru bayi dan alasan mengapa Pigeon Indonesia sekarang memproduksi produk untuk kulit bayi yang memiliki kualitas dan fungsi seperti vernix.

Hanya di Indonesia, vernix tidak banyak dikenal. Orang tua menginformasikan, pada hari Jumat (8/6/2018), berikut adalah beberapa fakta tentang vernix dan apa gunanya untuk kulit bayi:

1. Pelindung

Ketika kulit bayi masih berkembang di rahim, kulitnya ditutupi oleh lapisan tebal keju putih tebal. Lapisan ini disebut vernix caseosa.

Fungsi utama vernix adalah melindungi kulit bayi yang rapuh dari cairan ketuban asam dan menjauhkannya dari infeksi.

2. Pelembab

Vernix juga mungkin produk pertama untuk perawatan kulit bayi. Lapisan tebal ini juga berfungsi sebagai pelembab, melindungi kulit bayi dari efek pengeringan cairan ketuban.

Tanpa vernix, kulit bayi baru Anda bisa seperti buah yang menyusut.

3. Pelumas

Sandal ini juga berfungsi sebagai pelumas, membantu bayi untuk keluar lebih mudah dari rahim ibu.

4. Selimut

Lapisan seperti keju ini juga dapat menghangatkan bayi, menjebak panas tubuhnya dan menjaga suhu rahim tetap hangat.

5. Suara berkurang

Meskipun bayi sudah dapat mendengar suara dari minggu ke-25 rahim, suara-suara ini hanya akan terdengar lemah karena telinga mereka ditutupi oleh vernix.

6. Tidak selalu ada

Jika bayi Anda lahir terlambat, ada kemungkinan bahwa vernix akan berkurang atau bahkan benar-benar habis. Ini karena vernix telah diserap oleh air ketuban.

7. Biarkan saja

Jangan terburu-buru membersihkan vernice dari kulit bayi. Penelitian menunjukkan, eliminasi vernix tidak higienis.

Membiarkan lapisan ini untuk menempel di kulit bayi bahkan dapat meningkatkan perlindungan antibakteri dan mempercepat penyembuhan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk menunda mandi bayi pertama dan menghilangkan verniks sampai setelah 24 jam.

8. Tidak selalu putih

Jika vernix bayi baru Anda tidak putih, tetapi berwarna kekuningan atau kehijauan, berarti bayi Anda telah melewati mekoniumnya, juga dikenal sebagai gerakan usus pertama.

Dan itu berarti crystal x Anda harus segera menghapus vernix dari kulit Anda.

9. Disimpan di flip

Jangan heran menemukan cairan putih ini di lipatan popok. Vernix sering bersembunyi di dalam lipatan vagina selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu.

Anda bisa membersihkannya, membersihkannya atau membiarkannya pergi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Penyakit yang Paling Rentan Menyerang Saat Berpuasa

Sudah Nge-Gym Rutin, Tapi Otot Segitu Aja?

Kenali 5 Tanda Jika Kamu Mengalami Dehidrasi